Chatting

Jumat, 29 November 2013

Tentang TEH

Kalian semua tahu boneka Daruma kan ? Itu lho... boneka yang katanya kalo jatuh terbaring langsung naik lagi. nih deh saya kasih gambarnya kalo masih belum "ngeh"


Nah, konon katanya Daruma adalah pembawa ajaran agama "Zen Buddha" (Father of Zen Buddha) di negara Jepang tahun 600 SM (sebelum Masehi). Legenda menyebutkan bahwa Darumayang sedang mempelajari agama Zen Buddha tersebut mampu tahan duduk bertapa tanpa tidur atau memejamkan matanya sampai 7 tahun (ada juga yang bilang 9 tahun). Ada juga yang menyebutkan bahwa kaki Daruma sampai tak bisa digunakan kembali alias lumpuh. Dan legenda yang paling ekstrem menyebutkan bahwa Daruma sengaja merobek kedua kelopak matanya untuk menhindari tertidur saat bertapa. Kelopak matanya terjatuh ditanah dan konon katanya tumbuh menjadi tanaman teh pertama di Jepang.

Ini ilustrasi Daruma :

Tanaman Teh sendiri pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 1684, berupa biji teh dari Jepang yang dibawa seseorang berkebangsaan Jerman bernama Andreas Clayer, dan ditanam sebagai tanaman hias di Jakarta saat itu. Pada tahun 1826, tanaman Teh berhasl ditanam di Kebun Raya Bogor dan setahun kemudian ditanam di kebun percobaan Cisurupan,Garut,Jawa Barat. Pada tahun 1828 masa pemerintahan Gubernur Van den Bosch, teh menjadi tanaman yang harus ditanam masyarakat melalui program Tanam Paksa (cultur steelsel). Nih gambar Van den Bosch.



Dah segitu dulu ya, kalo mau request sesuatu bilang aja.

I will help you all :D


Tidak ada komentar:

Posting Komentar